‘Kebanan’

Awal-awal dulu aku di Semarang, sempet bingung juga mendengar temen cerita “kemaren aq habis kebanan di daerah Kendal” ujarnya dengan nada kesel. Aku sempet mikir juga apa sih ‘kebanan’??Sebagai orang yang bukan asli Semarang (asli produk Tegal) dan ga biasa ‘boso bandrek jowo’, mugkin juga blom tau istilah ‘kebanan’. Oalahh setelah dijelasin arti kebanan senyum-senyum juga aq, ada-ada saja orang Jawa Semarang tu, ban bocor aja istilahnya aneh gt, ‘kebanan’ kekekeke.

Tambal ban

Seperti postingan terdahulu saat kemaren aq balik ke Semarang lagi pake motor, di daerah Pemalang, ban motorku bocor dan aku harus menggandeng mendorong motorku untuk direparasi oleh mr.tambal ban. Bagi sebagian orang termasuk saya atau mungkin anda, yang pernah mengalami ‘kebanan’ tentu akan kesel,jengkel,malu atau bahkan misuh-misuh mengumpat presensi nama-nama penghuni taman satwa. Apalagi kalo setelah kebanan kita harus menempuh perjalanan beratus-ratus ribu centi meter menemukan tempat tambal ban sambil mendorong si kuda besi itu, dmn!

Penyebab ban bocor macem-macem, ada yang karena kena paku(benda tajam), sobek, pecah, ban sudah kadaluarsa, atau ada juga bocor halus(ban bocor kecil scr perlahan). Untungnya orang Indonesia tu kreatip-kreatip, bisa punya teknologi tambal ban konvensional yang lumayan kuat dan harga murah pula. Yang jadi pertanyaanku, apa diluar negri apalagi negara maju macem Jepun ato di negrinya David Bechkam ada tukang tambal ban ga yaa??

Kita patut menghargai dan berterima kasih pd para tukang tambal yang sangat membantu kita saat ‘kebanan’ ky gt. Tukang tambal ban is ‘the hero of the week’.

 

Iklan

10 thoughts on “‘Kebanan’

  1. wah,, yen kancamu kae ra kebaban Ju
    berhubung jare ning daerah kendal,, istilahe berubah dadi “kejibanan” !!
    kekekeek….

    .:kau disebut-sebut saudaraku…

  2. dooh.. itu alamat sapa,kawan??
    kurang lengkap tuh, tambahin lg, rmhnya putih, ada patung batu cewek sebadan di dpn rmh, ada candi2 kecilnya, ada tulisan CS gedee banget.
    publish aja smwa…

    .:ohhh alamatnya kurang yaa?kekekeke

  3. Kirain Perayaan Acara kayak Syukuran, gtu. E…G taunya Peccah Ban..

    Itu seh baru siang tadi kejadian. Emang G jauh sih, cuma bebrapa ratus milimeter….. sama kayak Tarjuuuuuu

    hehehhe

    .:ndorong juga yaa mas?

  4. kebanan?? aq wae durung tau kerungu istilah kuwi..

    iya emang mereka berjasa banget… palagi yg tidur juga di tempat itu.. jadi tengah2 malem juga bisa minta tolong.

    tapi di tempat2 tertentu suka kucing2an ma aparat lo.. klo aparatnya kebanan piye y??

    .:Moso ra ngerti ‘kebanan??
    kalo aparatnya jg ‘kebanan yaa ditambalin lah, merekakan butuh uang, ga pandang sapa tuuh yang nambal

  5. Ping-balik: Jepret for shockbreaker « .:tR@ju’s siTE:.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s